• (0435) 830678

Berita

2 Alat Lab Teknik Mesin di Uji Coba

  • By Ismail Musa
  • 2018-10-12 07:23:41

Alat Mengecek Kadar Gas Buangan Emisi dan Pendeteksi Kecepatan Laju Kendaraan

KAMPUS (HUMAS-UG) - Dosen dan sejumlah mahasiswa Prodi Mesin Fakultas Teknik UG uji teknologi emisson analyzer dan alat pendeteksi kecepatan laju kenderaan, siang kemarin di Gedung Laboratorium Prodi Mesin Fatek UG. Ketua Program Studi Mesin Fatek UG Moh. Rival Arbi, ST.,MT bersama Rahmat Boli, ST.,MT mengaku, Emison Analyzer adalah alat buatan korea yang kecanggihannya bisa mengetahui kadar gas hasil buangan emisi dari kenderaan yang berbahan bakar bensin. Dijelaskan Rival, alat ini sangat bermanfaat untuk menunjang proses pembelajaran kepada mahasiswa, khususnnya Prodi Mesin karena berhubungan dengan dunia otomotif.

"Alat ini juga berfungsi untuk mengukur proporsi dan komposisi dari gabungan gas. Dimana gas yang bisa diukur oleh alat ini berupa gas Karbon Dioksida (CO2), Oksigen (O2), dan Karbon Monoksida (CO)," ujar Rival

Selain itu Rahmat menambahkan, Dosen dan mahasiswa Prodi Mesin Fatek UG telah berhasil menemukan sekaligus membuat alat pendeteksi kecepatan laju kenderaan bermotor, meskipun alat ini belum sempurna dibuat karena masih ada beberapa komponen alat yang belum terpasang, sehingganya alat pendeteksi kecepapatan kenderaan belum bisa digunakan secara efektif, namun sudah berapa kali alat ini digunakan oleh Dosen dan Mahasiswa Prodi Mesin sebagai pemenuhan alat praktek sebagai analisis penelitian mahasiswa.

Rahmat berharap, kiranya semua Civitas Akademika UG bisa berkunjung ke Laboratorium Prodi Mesin, untuk mencoba menggunakan kecanggihan alat hasil buatan Dosen dan Mahasiswa Fatek UG. "karena ini juga merupakan bentuk sosialisasi kepada civitas akademika UG akan kecanggihan alat karya Dosen dan Mahasiswa Fatek UG," ujar Rahmat.