• (0435) 830678

Berita

Pajak Ditargetkan Jadi Bahan Pengajaran di Kampus Mulai 2018

  • By administrator
  • 2017-12-18 10:31:51

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menargetkan pembelajaran pajak masuk dalam kurikulum di perguruan tinggi di Indonesia pada 2018.

Hal ini merupakan salah satu cara instansi tersebut untuk menggenjot penerimaan pajak ke depannya.

Direktur P2 Humas DJP Hestu Yoga Saksama mengatakan, pihaknya telah menyusun peta jalan dalam rangka implementasi pembelajaran kesadaran pajak di dunia pendidikan. Peta jalan ini disusun untuk periode 2014-2030.

"Kami harap program ini sukses. Karena peran dunia pendidikan yaitu membentuk manusia Indonesia yang memiliki akhlak dan pendidikan yang baik, sehingga selesai di dunia pendidik bisa jadi manusia yang sukses," ujar dia di Kantor DJP Kemenkeu, Jakarta, Senin (27/11/2017).

Begitu juga dengan tujuan dari pengenalan pajak di dunia pendidikan. Dengan adanya program inklusi kesadaran pajak ini diharapkan saat para pelajar ini sudah bekerja atau menjadi pengusaha nantinya diharapkan memiliki kesadaran untuk membayar pajak.

"Kesadaran pajak harus dimulai sejak dunia pendidikan, jadi jika nanti mereka sudah bekerja atau usaha mereka bayar pajak, tidak perlu harus didatangi‎. Hal ini dalam rangka mewujudkan generasi emas yang sadar pajak pada 2045," kata dia.

‎Sementara itu, Kasubdit Penyuluhan Perpajakan DJP Aan Almaidah Anwar mengatakan, pihaknya telah menyiapkan materi pembelajaran pajak melalui microsite. Diharapkan pada 2018 pembelajaran pajak ini bisa diimplementasikan di perguruan tinggi di Indonesia.

‎"Di 2018 diharapkan pembelajaran pajak bisa diimplementasikan di perguruan tinggi baik negeri swasta di seluruh Indonesia," tandas dia