• (0435) 830678

Berita

Kembangkan Jurnal Terindeks Global, Dosen FH-UG Ikut Workshop MK

  • By Ismail Musa
  • 2018-12-04 02:18:41

Wakil Dekan Fakultas Hukum Universitas Gorontalo (FH-UG) Dr. Roy Marten Moonti, SH.,MH dalam Kapasistasnya selaku Pengelola Gorontalo Law Review Journal (Golrev) mengikuti kegiatan Workshop Pengelolaan Jurnal Ilmiah Terindeks Global, yang dilaksanakan di Banjarmasin Kalimantan Selatan, 30 November s/d 2 Desember 2018.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kepaniteraan dan Sekretariat Jendral Mahkamah Konstitusi bekerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat, diikuti oleh 46 pengelola jurnal utusan Perguruan Tinggi di Indonesia.

Kegiatan Workshop ini menghadirkan Narasumber diantaranya, Prof. Dr. Guntur Hamzah, SH.,MH, Dr. Sadjuga selaku Ketua Tim Reviewer Jurnal Dikti, Dr. Lukman, ST.,MT, Dr. Tole Suntiko, ST.,MT, Prof. Dr. Irwansyah, SH.,MH selaku Assesor Jurnal, M. Nida Fadlan, S.S.,M.Hum, Dr. Wiryanyo, SH.,M.Hum, Fajlurrahman Jurdi, SH.,MH, dan M. Mahrus Ali, SH.,MH.

Wakil Dekan Fakultas Hukum UG Dr. Roy Marten Moonti, SH.,MH mengatakan, Tujuan Mahkamah Konstitusi (MK) melaksanakan Workshop ini yaitu untuk menyamakan persepsi tentang pengelolaan jurnal online atau yang biasa dikenal Open Journal Systems (OJS) dan melihat sejauhmana perkembangan pengelolaan jurnal di Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia.

“Kegiatan Workshop ini, dilatarbelakangi oleh adanya fakta bahwa Jurnal Elektronik di Indonesia telah menunjukkan perkembangan yang sangat pesat. Namun demikian, pesatnya perkembangan tersebut setidaknya harus diimbangi dengan kualitas dari tata kelola jurnal yang sesuai dengan standar dan naskah yang diterbitkan,” imbuh Roy.

Ia menambahkan, peningkatan kualitas dan kuantitas jurnal terakreditasi dan bahkan bereputasi internasional ini menjadi sesuatu yang penting dalam rangka menjadi Word Class Research.

“Disamping peningkatan jurnal dan kualitas riset-riset dari para peneliti di lingkungan Perguruan Tinggi, perlu dikembangkan juga media publikasi ilmiah agar artikel-artikel yang dihasilkan dari riset-riset tersebut tidak semuanya diterbitkan di jurnal yang ada di luar Negeri saja, tetapi juga di diseminasi dalam jurnal-jurnal yang diterbitkan di Indonesia,” tutur Roy.

Seperti diketahui, diselah-selah kegiatan Workshop Dr. Roy Marten Moonti, SH.,MH menyempatkan waktu untuk berdiskusi dengan Sekjen MK Prof. Guntur Hamzah, SH.,MH dan Prof. Dr. Irwansyah, SH.,MH, terkait pengembangan jurnal di UG.

Selanjutnya, Roy mengatakan, untuk wilayah Sulawesi yang mendapat undangan oleh Mahkamah Konstitusi (MK) hanya Gorontalo Law Review Journal (Golrev) Fakultas Hukum Universitas Gorontalo. Salam Original (Orang Gila Jurnal).

Untuk diketahui, kegiatan Workshop Pengelolaan Jurnal Ilmiah Terindeks Global, dibuka oleh Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Prof. Dr. Aswanto, SH, Msi. (hmsug)