• (0435) 830678

Berita

UG Jajaki Peluang Kerjasama dengan MK RI

  • By Ismail Musa
  • 2018-12-06 03:22:32

Universitas Gorontalo (UG) tengah menjajaki peluang kerjasama dengan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK RI).

Hal ini terungkap dari pertemuan antara Rektor UG Dr. Ibrahim Ahmad, SH.,MH dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Mahkamah Kontitusi (MK) Republik Indonesia Prof. Dr. Guntur Hamzah, SH.,MH disela-sela acara Workshop Pengelolaan Jurnal Terindeks Global yang dilaksanakan di Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Minggu, (2/12).

Rektor UG Dr. Ibrahim Ahmad, SH.,MH mengaku, ada beberapa hal yang telah didiskusikan saat itu bersama Sekjen MK, diantaranya terkait kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat bersama antara UG dan MK, contohnya seperti kegiatan magang bagi mahasiswa.

“Pada dasarnya Sekjen MK memberikan respon baik. Dimana, Sekjen MK meminta untuk dapat diajukan dokumen kerjasama yang nantinya akan dipelajari terlebih dahulu, sebelum kemudian disepakati lewat penandatangan MoU,” ungkap Ibrahim.

Ibrahim pun berharap agar peluang kerjasama yang ditawarkan oleh pihak UG segera direspon untuk ditindaklanjuti melalui MoU.

Dirinya menambahkan, arah kerjasama nanti yang mungkin akan disepakati, diantaranya meliputi perihal pemahaman terhadap Pancasila, Konstitusi dan MK, peningkatan budaya konstitusi, menyebarkan gagasan perihal permasalahan hukum, peningkatan budaya berpikir dan menulis, peningkatan kualitas pendidikan tinggi ilmu hukum, penelitian, pengkajian dan pengabdian masyarakat, serta meningkatkan kualitas SDM di bidang Hukum.

“Jadi dari poin-poin itu, sasarannya Dosen dan mahasiswa, bagaimana kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, baik pendidikan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat dapat dijalankan sesuai kesepahaman yang nantinya disepakati”. tandas Ibrahim. (hmsug)