• (0435) 830678

Berita

UG Menuju Konsep E-Learning

  • By Ismail Musa
  • 2018-12-06 03:49:20

Sebagai Perguruan Tinggi yang tengah dalam proses berkembang, dimana saat ini persaingan perguruan tinggi sangat ketat, terlebih menyikapi Era Revolusi Industri 4.0 yang tentunya kaya akan teknologi sistem informasi. Maka berangkat dari hai ini, Universitas Gorontalo (UG) senantiasa terus mengupdate perkembangan yang ada untuk kemudian menjadi acuan dalam pengembangan kampus kedepan. Seperti halnya model pembelajaran e-Learning atau Learning Distance. Terkait hal ini, UG telah beberapa kali menghadirkan pihak-pihak yang cakap dan berkompeten terhadap hal ini, dengan harapan dapat memberikan motivasi dan masukan untuk persaingan perguruan tinggi kedepan.

Seperti diketahui, dalam mewujudkan konsep e-Learning, UG akan difasilitasi langsung oleh LLDikti Wilayah Sulawesi, dimana hal ini akan dilakukan langsung oleh Kepala LLDikti wilayah Sulawesi Prof. Dr. Jasruddin, M.Si. Rektor UG Dr. Ibrahim Ahmad, SH.,MH mengatakan, dirinya akan memfasilitasi niat dan usaha UG untuk menuju pada konsep pembelajaran e-Learning ini, meskipun fasilitas, dalam hal ini perangkat peralatan yang ada, menjadi tanggung jawab kampus untuk menyiapkannya.

“Soal e-Learning atau kuliah jarak jauh yang bisa dilakukan UG saat ini, yakni model perkuliahan yang tidak lagi memanfaatkan ruang kelas untuk belajar, tapi memanfaatkan ruang terbuka, seperti halnya hutan pendidikan dan lain sebagainya,” ujar Ibrahim.

Ia menambahkan, kedepannya tentu pihaknya bisa benar-benar menerapkan apa yang namanya e-Learning tersebut.

“Mungkin saat ini, kami baru bisa belajar di luar kelas, tapi belum menyentuh aspek teknologinya, namun Insha Allah jika semua perangkat penunjangnya sudah siap, maka apa yang menjadi harapan kami terkait model pembelajaran e-Learning dapat diwujudkan di UG,” tuturnya. (hmsug)