• (0435) 830678

Berita

Empat Dosen UG Didaulat Sebagai Presenter Semnas

  • By Ismail Musa
  • 2019-02-06 02:55:25

Empat Dosen Universitas Gorontalo (UG) di antaranya, Dr. Drs. Ec. H. Ilyas Lamuda, MM, Nurmin K. Martam, SH.,MH, Kalzum R. Jumiyanti, SE.,M.Si, Nurwita Usmail, SH.,MH menjadi presenter pada kegiatan Seminar Nasional (Semnas) dan Call for Paper, yang digelar di Damhil Hotel, Universitas Negeri Gorontalo, Sabtu (2/2/19). Kegiatan Semnas dan Call for Paper ini, dirangkaikan dengan pelantikan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Perkumpulan Ahli dan Dosen Republik Indonesia (ADRI) Gorontalo masa bakti 2019-2023, dengan mengangkat tema “Manajemen Perubahan Era Disruption”, di mana dihadiri 74 peserta dari 15 perguruan tinggi se-Indonesia. Dalam kegiatan pemaparan makalah, dimana para Dosen UG mengangkat judul yakni Pengaruh Standar Akuntansi Pemerintahan, Kompetensi Pegawai Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada Badan Keuangan Daerah Kabupaten Gorontalo Utara oleh Dr. Drs. Ec. H. Ilyas Lamuda, MM.

Selanjutnya, Penyelesaian Wanpresrasi Dalam Hal Perjanjian Gadai oleh Nurmin K. Martam, SH.,MH, Dampak Pemberian Bantuan Pada Jumlah Penduduk Miskin di Kelurahan Tilihua Kabupaten Gorontalo oleh Kalzum R. Jumiyanti, SE.,M.Si dan Digitalisasi Desa Dalam Mewujudkan Good Governance oleh Nurwita Ismail, SH.,MH. Kaitan dengan pemaparan makalah ini, Nurmin K. Martam, SH.,MH mengaku, bangga bisa berbagi pengalaman dan pengetahuan kepada seluruh peserta seminar, dimana kegiatan ini juga tujuannya untuk meningkatkan kemampuan dosen dalam menganalisa suatu permasalahan.

“Tujuan lainnya yakni untuk menambah wawasan kita tentang permasalahan atau isu-isu ilmiah, serta melatih kita dalam mengemukakan pendapat yang rasional dan sistematis,” ujar Nurmin.Lebih lanjut, tuturnya, banyak manfaat yang bisa didapat dalam kegiatan ini, di antaranya bisa memperkaya khasanah pengetahuan, membuka hubungan atau jaringan dengan peserta dari perguruan tinggi lainnya, menambah pengalaman serta meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan berkomunikasi.

Selain itu, Kalzum R. Jumiyanti, SE.,M.Si menambahkan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan, dan baginya, ikut dalam ADRI ini bukan sekedar hanya ajang eksistensi diri saja, tetapi juga sebagai ajang silahturahim antar Universitas se-Indonesia.

“Khususnya bagi pengelola jurnal, ini bisa dijadikan sebagai wadah saling share informasi tentang updating perkembangan jurnal saat ini,” ujarnya lagi.

Karena, kata Kalzum, mengingat jurnal Universitas Gorontalo tahun depan akan diakreditasi, maka butuh seorang penulis dan reviewer ekternal dalam upaya memenuhi kualitas ilmiah artikel atau jurnal di UG. (hmsug)