• (0435) 830678

Berita

Akademik dan Keuangan di UG Terus Ditingkatkan

  • By Ismail Musa
  • 2019-02-05 22:06:45

Salah satu bentuk kepedulian dan keseriusan Universitas Gorontalo (UG) untuk terus melakukan pembenahan dan pengembangan kampus, yaitu dimana terus melalukan evaluasi dalam menyatukan presepsi maupun konsep serta gagasan yang berkualitas. Hal ini disampaikan oleh Rektor UG Dr. Ibrahim Ahmad, SH.,MH bersama Wakil Rektor I UG Dr. Hj. Julie Abdullah, SE.Ak.,M.Ak, CA dalam kegiatan Coffee Morning yang dipimpin oleh Wakil Rektor II UG Dr. Dikson Junus, MPA, yang digelar di Gedung Auditorium UG.

Kegiatan ini, turut dihadiri unsur pengurus Yayasan Pendidikan DLP Gorontalo yang diwakili H. Warno Panigoro, SE.,MM, para pimpinan unit kerja dan lembaga serta seluruh Dosen/karyawan di lingkungan UG. Rektor UG Dr. Ibrahim Ahmad, SH.,MH mengatakan, perlu adanya penguatan tupoksi disetiap emelen di UG, agar tidak terkesan tumpang tindih tugas dan fungsi yang diemban.

Apalagi sekarang ini, UG sedang menggarap reakreditasi untuk beberapa program studi, maka yang sebenarnya adalah seharusnya kegiatan akreditasi itu merupakan tugas dari masing-masing prodi itu sendiri.

“Bukan dilimpahkan tugas itu kepada pihak lain, karena ini merupakan tanggungjawab yang harus diemban oleh masing-masing prodi,” ujar Ibrahim. Selanjutnya, Ibrahim mengatakan, kaitan dengan ini, maka pihak Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), perlu melaksanakan kegiatan dalam bentuk Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada masing-masing prodi terkait dengan pembuatan borang dan evaluasi diri, agar prodi dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

“Bagian Kepegawaian harus proaktif dalam pengurusan pangkat akademik dosen, sehingganya dosen dalam melaksanakan tugas pokoknya tidak disibukkan dengan administrasi pengurusan pangkat akademik,” terang Ibrahim.

Ia pun mengimbau kepada dosen, agar selalu mengikuti maupun melaksanakan kegiatan akademik di luar, karena ini bisa menambah nilai akreditasi, namun dosen dalam hal ini tetap memperhatikan mekanisme dan prosedur yang diterapkan dan terus menjaga kebersamaan di UG. Selain itu, Wakil Rektor I UG Dr. Hj. Julie Abdullah, SE.Ak.,M.Ak, CA mengatakan, kaitannya dengan proses akademik dan keuangan di UG, saat ini masih banyak mahasiswa yang belum melakukan registrasi pembayaran dan pengurusan KRS Online, maka hal ini menjadi tugas kita bersama dalam mempresur mahasiswa untuk segera melaksanakan semuanya.

“Selebihnya, bukan hanya registrasi akademik dan keuangan saja yang harus di presur oleh pihaknya, namun terkait reakreditasi, SPMI, jadwal dan matriks perkuliahan juga yang menjadi perhatian utama demi keberlanjutan proses akademik di UG,” ungkap Julie. Dirinya mengajak kepada seluruh elemen di UG, khususnya dosen dan karyawan, agar terus meningkatkan kinerja dan memperhatikan tupoksinya masing-masing, serta menjaga kebersamaan demi pengembangan kampus yang lebih baik. (hmsug)