• (0435) 830678

Berita

Rektorat UG Evaluasi Akademik Semester Ganjil

  • By Ismail Musa
  • 2019-02-06 03:08:53

Selepas Coffee Morning kembali pihak Rekorat UG melakukan rapat evaluasi terkait proses akademik dan keuangan Semester Ganjil T.A 2018-2019 serta persiapan Semester Genap T.A 2018-2019, yang dilaksanakan di Ruang Senat UG, Senin (4/1/19). Rapat ini dipimpin langsung Wakil Rekor I UG Bidang Akademik dan Keuangan Dr. Hj. Julie Abdullah, SE.Ak.,M.Ak, CA, dimana dihadiri Wakil Rektor II UG Dr. Dikson Junus, MPA, Kepala Biro, Kepala Lembaga, Kepala Bagian dan staf karyawan di Rektorat UG.

Wakil Rektor I UG Dr. Hj. Julie Abdullah, SE.Ak.,M.Ak, CA mengaku, rapat evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan program dan beberapa hal yang menjadi kendala selama menjalankan program di semester ganjil serta rencana dan program apa yang menjadi prioritas untuk semester genap nanti. Kaitan dengan rapat evaluasi semester ganjil, Julie mengatakan, perlu adanya perhatian terhadap kedisiplinan karyawan dalam menjalankan tugas yang diberikan. Kedisiplinan tersebut juga perlu diterapkan kepada dosen, namun hal ini terkait administratif pelaporan SPT Online bagi dosen para penerima Sertifikasi Dosen (Serdos), karena kedepannya ini sudah menjadi keharusan bagi setiap dosen yang tersertifikasi, agar prosesnya bisa berjalan dengan lancar.

“Evaluasi ini juga terkait proses akademik, baik penggunaan Sistem Informasi Akademik (Siakad) yang masih mengalami kendala dalam mengakses mata kuliah serta pengimputan nilai, maupun terkait pengusulan Dosen Luar Biasa (DLB) yang masih perlu dibenahi lagi dalam pengajuannya yang sesuai dengan SOP yang diberlakukan di UG,” tuturnya.

Kemudian, terkait juga dengan beasiswa dan pemanfaatan kartu perpustakaan yang terintegrasi dengan aplikasi slims, yang menurutnya ini, merupakan terobosan yang seharusnya mendapatkan perhatian lebih dari semua pihak, guna pengembangan ilmu pengetahuan, karena civitas akan dengan mudah mengakses baik buku, jurnal maupun informasi terkait ilmu pengetahuan lainnya melalui kartu yang terintegrasi dengan aplikasi slims. Ia pun berharap, untuk semester depan hal-hal ini bisa dimaksimalkan, agar proses akademik di UG bisa lebih baik lagi, karena ini akan berdampak pada pemberian layanan kepada mahasiswa dalam proses akademik.

“Hasil rapat ini akan dibuatkan laporan dan akan disampaikan ke pihak yayasan serta rencananya hasil rapat ini akan disampaikan juga pada rapat evaluasi di tingkat Universitas yang akan digelar beberapa hari kedepan, karena hal ini perlu dibahas bersama,” tegas Julie.

Sementara itu, Wakil Rektor II UG Dr. Dikson Junus, MPA menambahkan, terkait bidang kemahasiswaan, pihaknya akan memberikan peran kepada para mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi, untuk dapat berperan aktif dalam penerimaan mahasiswa baru.

“Ini juga merupakan konsekuensi dari kesepakatan yang dibuat bersama dengan mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi terhadap bentuk pengabdiannya kepada kampus,” kata Dikson.

Kedepan, pihaknya juga akan menindaklanjuti MoU yang sudah terbangun selama ini, dan segera melakukan evaluasi terkait kerjasama yang telah disepakati, dengan harapan ini bisa direalisasikan. (hmsug)