• (0435) 830678

Berita

Teken MoU, UG Jadikan Arboretum Sebagai Pusat Penelitian

  • By Ismail Musa
  • 2019-02-09 01:01:51

Universitas Gorontalo (UG) menjalin kerjasama dengan Balai Wilayah Sungai Sulawesi (BWSS) II terkait pengelolaan Arboretum yang berada di kawasan Hutan Pendidikan tepatnya di Desa Dulamayo, Selasa (6/2/19).

Seperti diketahui, Memorandum of Understanding (MoU) atau kerjasama yang diteken terkait pengelolaan arboretum yang saat ini telah berdiri di kawasan Hutan Pendidikan yang selama ini dibawah kelola UG.

Terkait dengan kerjasama ini, sebelumnya, pihak YPDLP Gorontalo, dalam hal ini yayasan penyelenggara UG, dibawah pimpinan Ketua Dewan Pengurus YPDLP Gorontalo Moh. Jamal Moodoeto, SE, MH bersama sejumlah Pimpinan dan Dosen berserta pihak BWSS II dalam hal ini dibawah pimpinan Kepala BWSS II Jeanne M. Wagey sempat berkunjung ke lokasi arboretum.Rektor UG Dr. Ibrahim Ahmad, SH.,MH mengatakan dengan adanya kerjasama ini, maka UG diberi wewenang untuk dapat mengelola arboretum tersebut.

“Dimana, 2 dari 3 gedung yang ada, sepenuhnya telah diserahkan kepada UG sebagai pengelolanya,” imbuh Ibrahim.

Tentu dengan keberadaan arboretum ini, kata Ibrahim, sebagaimana fungsinya akan dimanfaatkan sebagai wadah penelitian, khususnya bagi mahasiswa, terlebih mahasiswa Fakultas Kehutanan.

“Kami akan jadikan arboretum ini sebagai pusat penelitian bagi mahasiswa terkait dengan kawasan hutan pendidikan,” terang Ibrahim.

Lebih lanjut kata Ibrahim, tentu keberadaan arboretum ini juga, untuk kedepannya tidak hanya dimanfaatkan oleh mahasiswa maupun dosen di lingkungan UG, tapi nantinya akan didesain untuk umum, terlebih akademisi yang ingin melakukan penelitian di lokasi hutan pendidikan. (hmsug)