• (0435) 830678

Berita

Kontrol Pendapatan dan Pengeluaran Unit Kerja dan Lembaga UG

  • By Ismail Musa
  • 2019-02-09 01:08:37

Dalam rangka mengoptimalkan seluruh rangkaian kegiatan di masing-masing unit kerja dan lembaga di lingkungan Universitas Gorontalo (UG), Biro Umum dan Keuangan melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) dengan jajaran bendahara fakultas atau unit kerja dan lembaga, yang digelar di ruang senat UG, Jum’at (8/2/19). Rapat koordinasi ini, membahas beberapa hal penting diantaranya, terkait evaluasi realisasi kegiatan dan evaluasi Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Keuangan Semester Ganjil T.A 2018-2019 dari masing-masing unit kerja dan lembaga.

Rapat diawali dengan pemaparan dari bendahara masing-masing unit kerja dan lembaga terkait progres dan realisasi keuangan dari seluruh rangkaian kegiatan yang dilaksanakan di Semester Ganjil T.A 2018-2019, selanjutnya dibahas bersama dengan Kepala Biro Umum dan Keuangan UG, sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada atasan. Kepala Biro Umum dan Keuangan UG Olfin Ishak, SE.,MM mengaku, rapat evaluasi LPJ ini sebagai sarana mengontrol setiap pendapatan dan pengeluaran setiap unit kerja dan lembaga, karena mengingat kebutuhan setiap harinya terus mengalami perubahan. Sehingga, Olfin mengatakan, perlu adanya komitmen dan konsistensi dalam mengevaluasi atau mengontrol keuangan secara berkala, agar rencana keuangan tetap dapat tercapai sesuai harapan.

“Alhamdulillah dengan dilaksanakannya rapat evaluasi ini, telah nampak bahwa keadaan keuangan dimasing-masing unit kerja dan lembaga dalam kondisi sehat dan baik bahkan mengalami peningkatan dari semester sebelumnya,” imbuhnya.

Lebih lanjut kata Olfin, ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri, dimana di semester ganjil ini, seluruh fakultas atau unit kerja dan lembaga di lingkungan UG mengalami peningkatan surplus. Hal ini disebabkan karena, seluruh unit kerja dan lembaga mampu menaikkan jumlah pendapatan serta mampu menekan jumlah biaya yang dikeluarkan tanpa mengurangi item kegiatan yang sudah direncanakan dalam daftar anggaran masing-masing unit kerja dan lembaga pada semesternya.

“Dengan harapan, semoga di semester-semester berikutnya semua unit kerja dan lembaga di lingkungan UG, dapat meningkatkan jumlah pendapatannya yang lebih maksimal lagi, karena dengan meningkatnya pendapatan, maka akan meningkat pula tingkat kesejahteraan,” tandasnya. (hmsug)