• (0435) 830678

Berita

UG Sosialisasikan Aplikasi Sister, Guna Pengembangan Karir Dosen

  • By Ismail Musa
  • 2019-03-11 02:33:04

Sebagai wujud pelaksanaan tugas dan fungsi Direktorat Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 15 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja, sehingga penggunaan teknologi dianggap perlu dan menjadi keharusan dalam pelaksanaan tugas bagi tenaga pendidik.

Kaitan dengan ini, maka Univesitas Gorontalo (UG) melalui Biro Kepegawaian kerjasama dengan Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), menggelar kegiatan sosialisasi penggunaan Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER), yang dilaksanakan di Gedung Auditorium UG.

Kegiatan ini, turut dihadiri para pimpinan unit kerja dan lembaga dan diikuti sejumlah Dosen dari perwakilan masing-masing Program Studi (Prodi) di lingkungan UG, Rabu (6/3/19).

Kepala Bagian Kepegawaian UG Iyam Umar, S.Kom mengaku, sosialisasi SISTER ini bertujuan untuk memudahkan perguruan tinggi, dosen dan tenaga pendidik dalam pengelolaan data portofolio, pengajuan penilaian angka kredit, pengusulan NIDN, NIDK, beasiswa dan proses-proses akademik lainnya terkait sumberdaya iptekdikti.

“Melalui sosialisasi SISTER ini, kami menghimbau kepada seluruh Dosen UG untuk memperhatikan pengunduhan aplikasi SISTER dan batas instalasi aplikasi SISTER, pemutakhiran data dan portofolio,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UG Ayub Usman Rasyid, SE.,MM mengatakan, tujuan lain dari aplikasi SISTER ini yaitu membentuk kemandirian Dosen dalam menyusun portofolio tentang Tridharma Perguruan Tinggi dan kegiatan-kegiatan akademik lainnya, yang pernah dilakukan oleh dosen tersebut.

Ayub menambahkan, setiap dosen memiliki berbagai informasi terkait dengan aktivitas tridharma, mulai dari latar belakang pendidikan, aktivitas pengajaran, aktivitas penelitian, aktivitas pengabdian kepada masyarakat dan aktivitas pendukung lainnya.

“Seringkali data-data formal terkait aktivitas-aktivitas tersebut tercecer dan sulit untuk ditemukan ketika dibutuhkan, maka melalui aplikasi SISTER ini, setiap dosen khususnya para dosen di UG dapat membangun portofolio yang mengkomplikasikan seluruh aktivitas tridharma yang pernah dilakukan,” jelas Ayub.

Lebih lanjut ia mengatakan, melalui SISTER ini juga, portofolio tersebut dapat digunakan untuk proses-proses terkait pengembangan karir dosen, serta data yang ada di portofolio dapat diklaim dalam proses penilaian angka kredit, sertifikasi dosen dan proses akadrmik lainnya.

“Dengan harapan, kedepan aplikasi SISTER ini bukan hanya diperuntukjan bagi tenaga pendidik saja dalam hal ini dosen, namun SISTER ini juga akan diperuntukkan bagi tenaga kependidikan yang dalam hal ini kepegawaian atau karyawan,” tandas Ayub. (hmsug)