• (0435) 830678

Berita

Pemaparan Visi & Misi: Mahasiswa UG Harus Miliki Daya Saing dan Unggul di Segala Bidang

  • By Ismail Musa
  • 2019-03-12 02:30:35

Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Gorontalo (Pilpres BEM UG) akan digelar dalam waktu yang dekat ini di UG. Dimana, tahapan pelaksanaan pemilihan sudah dikeluarkan oleh Komisi Pemilu Raya (KPR) Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Gorontalo (KBM UG) yang dibentuk melalui kongres KBM UG beberapa waktu lalu.

Terkait tahapan pemilihan, KPR KBM UG menggelar kegiatan Pemaparan Visi dan Misi Calon Presiden dan Wakil Presiden BEM UG periode 2019-2020, tepatnya di Gedung Auditorium UG, Senin (11/3/19).Turut hadir Wakil Rektor I UG Dr. Julie Abdullah, SE.Ak.,M.Ak, CA, Wakil Rektor II UG Dr. Dikson Junus, MPA, dan diikuti ratusan mahasiswa UG yang memadati gedung auditorium yang tergabung dalam organisasi intra kampus serta UKK/UKM dilingkungan UG. Ketua KPR KBM UG Abd. Rahmat Ngobuto mengaku, kaitannya dengan tahapan pemilihan, kami (KPR) itu sendiri sudah mengeluarkan jadwal dan tahapan pemilihan, baik mulai dari sosialisasi pemutakhiran dan verifikasi data pemilih tetap (DPT) hingga pelaksanaan Pilpres BEM UG.

“KPR sudah mengeluarkan jadwal tahapan Pilpres BEM UG, yaitu sosialisasi pemutakhiran dan verifikasi DPT 2-4 Maret 2019, pendaftaran calon 5-7 Maret, verifikasi berkas calon 8 Maret, pengumuman daftar calon tetap (DCT) 9 maret, masa kampanye calon 11-13 maret, debat kandidat 14 maret, masa tenang 15-17 maret, dan pelaksanaan pilpres BEM UG 18 maret 2018,” jelas Rahmat.

Setelah dikonfirmasi terkait DCT, Rahmat mengatakan, setelah dilakukan pembukaan pendaftaran calon sesuai jadwal yang sudah dikeluarkan sampai 7 Maret 2019, ternyata hanya terdapat 1 pasangan calon yang mendaftar, maka kami (KPR) memperpanjang masa pendaftaran hingga 10 maret 2019, namun tetap tidak ada lagi pasangan calon yang mendaftar, sehingganya KPR memutuskan bahwa pilpres tahun ini hanya 1 paket pasangan calon (paslon) yaitu Moh. Arifin mahasiswa FISIP sebagai capres dan Moh. Amon mahasiswa FKM sebagai cawapres.

Ia juga menegaskan, sesungguhnya tahapan pemilihan yang dikeluarkan oleh KPR itu berlaku apabila terdapat lebih dari 1 paket paslon yang mendaftar dan dinyatakan lolos secara administratif oleh KPR, namun karena hanya terdapat 1 paslon yang lolos dan dinyatakan telah memenuhi syarat pencalonan, maka kami (KPR) telah merubah dan memajukan tahapan pelaksanaan pemilihan.

“Yang seharusnya akan dilakukan tahapan kampanye tanggal 11-13 Maret dan debat kandidat tanggal 14 Maret 2019, ini yang ditiadakan karena hanya terdapat 1 paket paslon saja, sehingga KPR memutuskan untuk melaksanakan pemaran visi dan misi paslon pada tanggal 11 Maret 2019 dihadapan civitas akademika UG dan pelaksanaan Pilpres BEM UG atau pemungutan suara akan dilaksanakan pada tanggal 14 Maret 2019,” tegas Rahmat

Dengan harapan, semoga Pilpres BEM UG di tahun-tahun akan datang lebih baik lagi, terutama antusisme mahasiswa di UG lebih dikembangkan lagi untuk ikut berkompetisi pada ajang demokrasi kampus, sehingga kedepan akan terdapat lebih dari 1 paket paslon yang ikut mencalonkan diri dan ikut bertarung pada Pilpres BEM UG.

“Serta berharap pemimpin BEM UG yang terpilih mampu melaksanakan kegiatan secara merata di internal organisasi kemahasiswaan di UG, dan mampu menumbuhkembangkan nilai-nilai perjuangan sebagai simbol eksistensi mahasiswa UG, sehingga sifat apatisme mahasiswa untuk ikut berkompetisi didalam kampus itu bisa hilang, dan yang ada adalah mahasiswa UG merupakan kader-kader yang berkualitas dan dapat diandalkan,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor II UG Dr. Dikson Junus, MPA mengatakan, kegiatan ini sangat penting bagi kami selaku pimpinan di Rektorat, karena melalui kegiatan ini, dapat mendapatkan gambaran program dan kegiatan kepengurusan BEM UG berikutnya. Selanjutnya melalui kegiatan ini juga, merupakan ajang untuk memberikan masukan kepada calon presiden dan wakil presiden BEM UG berikutnya, terkait program dan kegiatan yang akan direncanakan kedepan.

“Kami berharap, program kerja presiden dan wakil presiden BEM UG berikutnya dapat bersinergi dengan program kerja yang direncanakan oleh pimpinan perguruan tinggi, guna kemajuan kampus kedepan,” tandas Dikson.

Kegiatan ini berlangsung heroik dan ramai dengan sorak-sorak suara pendukung paslon, serta mendapatkan sambutan hebat dari pimpinan perguruan tinggi dan utusan delegasi organisasi internal kampus, dimana dihujani dengan puluhan pertanyaan terkait program kerja paslon untuk periode berikutnya. Untuk diketahui, kegiatan pemaparan visi dan misi calon presiden dan wakil presiden BEM UG periode 2019-2020 dibuka oleh Wakil Rektor II UG Dr. Dikson Junus, MPA. (hmsug)