• (0435) 830678

Berita

Hadiri Evaluasi Penyusunan Statuta di Manado, Ini Yang Dikatakan Ketua YPDLP Gorontalo

  • By Ismail Musa
  • 2019-04-07 22:19:17

Setiap perguruan tinggi,negara maupun swasta wajib memiliki statuta, hal ini sesuai dengan ketentuan Pasal 60 ayat (5) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Statuta merupakan peraturan dasar tentang pengelolaan perguruan tinggi yang digunakan sebagai peraturan perundang-undangan dan prosedur operasional di perguruan tinggi, dimana salah satu tujuan statuta bagi perguruan tinggi swasta (PTS) adalah untuk mencegah konflik.

Kaitan dengan itu, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah IX Sulawesi menyelenggarakan evaluasi penyusunan statuta PTS Provinsi Sulawesi Utara dan Gorontalo, yang dilangsungkan di Hotel Aston Manado selama dua hari yakni 4-5 April 2019.

Salah satu perguruan tinggi yang ambil bagian pada kegiatan tersebut, yakni Universitas Gorontalo (UG) dalam hal ini langsung dihadiri oleh Ketua Dewan Pengurus Yayasan Pendidikan Duluwo Limo lo Pohala’a (YPDLP) Gorontalo Moh. Jamal Moodoeto, SE.,MH. Evaluasi ini penting, agar setiap PTS, terlebih UG dapat mengetahui secara lebih jelas hal-hal yang kemudian perlu ditambahkan dan sebagainya.

“Statuta ini penting bagi setiap perguruan tinggi, karena dalam menjalankan tata kelola perguruan tinggi dengan baik dan profesional maka perguruan tinggi dan mekanisme pengelolaan perguruan tinggi tersebut perlu diatur dalam peraturan yang disebut Statuta Perguruan Tingg,” imbuh Jamal.

Lebih lanjut ia mengatakan, secara rinci dapat dikatakan bahwa statuta adalah pedoman yang paling dasar dalam penyelenggaraan kegiatan yang digunakan sebagai acuan untuk merencanakan, mengembangkan program dan penyelenggaraan kegiatan fungsional sesuai dengan tujuan perguruan tinggi yang bersangkutan.

“Statuta berisi dasar yang dipakai sebagai rujukan pengembangan peraturan umum, peraturan akademik dan prosedur operasional yang berlaku di perguruan tinggi yang bersangkutan. Artinya, statuta perguruan tinggi adalah pedoman yang sangat strategis dalam mengatur penyelenggaraan perguruan tinggi tersebut,” tandasnya. (hmsug)