• (0435) 830678

Berita

FKM UG: Praktikum Gizi dan Kesehatan, Sajikan Kuliner Khas Nusantara

  • By Ismail Musa
  • 2019-07-07 21:05:45

Mahasiswa Program Studi (Prodi) Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Gorontalo (FKM UG) menggelar praktek mata kuliah praktikum dasar kuliner yang merupakan mata kuliah wajib semester 4 pada prodi gizi, yang dilangsungkan di gedung laboratorium penyelenggaraan makanan prodi gizi, Sabtu (6/7/19). Setelah dikonfirmasi, Ketua Prodi Gizi FKM UG Nuryani, S.Gz.,M.Kes mengatakan, kegiatan praktikum dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan yang terdiri dari pembuatan bumbu dasar, persiapan pengolahan, pengolahan menu nusantata atau pengolahan menu pokok khas Indonesia.

“Adapun praktikum yang dilaksanakan ini, akan menyajikan makanan berupa menu nusantara yakni soto banjar, ayam bakar khas riau, soto lamongan dan ayam cincane khas bali, dan program mata kuliah ini 3 SKS, sehingga diwajibkan untuk melaksanakan praktikum di laboratorium penyelenggaraan makanan,” ujar Nuryani.

Lebih lanjut Nuryani mengatakan, keterampilan dalam penyelenggaraan makanan merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh lulusan atau sarjana gizi, sehingga penting dukungan kegiatan-kegiatan di laboratorium tersebut. Kompetensi lainnya adalah keterampilan dalam gizi masyarakat dan gizi klinis yakni penyusunan menu diet pada pasien baik rawat inap maupun rawat jalan.

“Jadi, kompetensi yang diharapkan yakni agar lulusan atau sarjana gizi memiliki keterampilan khusus terkait gizi masyarakat, sehingga konotasi yang menganggap gizi identik dengan memasak itu tidaklah sepenuhnya benar, sebab masih banyak ruang lingkup lainnya yang juga perlu dikaji untuk mendukung pencapaian kompetensi sarjana gizi,” terang Nuryani lagi.

Sementara itu, Dekan FKM UG Dr. Firdausi Ramadhani, S.Psi.,M.Kes mengaku, sangat mendukung semua kegiatan praktikum yang dilaksanakan oleh para dosen maupun mahasiswa FKM, baik prodi gizi maupun prodi ilmu kesehatan masyarakat, dengan maksud untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa serta lulusan FKM kedepan.

“Jadi, pada intinya selaku pimpinan harus mendukung dan mensupport semua kegiatan-kegiatan di fakultas, khususnya praktikum gizi ini, dimana ini merupakan bentuk pengembangan kompetensi mahasiswa dan promosi gizi di masyarakat,” tuturnya. (hmsug)