• (0435) 830678

Berita

UG Ambil Bagian Sukseskan Rakernas APHTN-HAN 2019

  • By Ismail Musa
  • 2019-07-10 03:03:36

Rapat kerja nasional (Rakernas) Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara dan Hukum Administrasi Negara (APHTN-HAN) tahun 2019 yang dipusatkan di Gorontalo 6 – 8 Juli 2019, turut disukseskan sejumlah perguruan tinggi di Gorontalo, khususnya terkait bidang hukum tata negara dan administrasi negara.

Seperti halnya Universitas Gorontalo yang mengirimkan delegasi dosen-dosen yang memang aktif dibidang hukum tata negara dan administrasi negara. Seperti diketahui, rakernas yang dirangkaian dengan Seminar Nasional (Semnas) ini dibuka oleh Wakil Gubernur Gorontalo Dr. Drs. H. Idris Rahim, MM dan dihadiri mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD yang juga selaku Ketua Umum APHTN-HAN, serta para ahli hukum tata negara dan administrasi negara se Indonesia, terlebih yang tergabung dalam APHTN-HAN.

Beberapa dosen UG yang ambil bagian pada kegiatan tersebut, diantaranya, Wakil Rektor 2 UG Dr. Dikson Junus, M.PA, Dekan Fakultas Hukum Dr. Yusrianto Kadir, SH.,MH, serta jajaran dosen Fakultas Hukum UG, seperti Dekan dan Wakil Dekan periode sebelumnya, yakni Dr. Marten Bunga, SH.,MH dan Dr. Roy Moonti, SH.,MH serta Nurmin K Martam, SH.,MH, Agustina Bilondatu, SHI.,MH, Leni Dwi Nurmala, SHI.,M.Hum, Dr. Ramdhan Kasim, SH.,MH, dan Nurwita Ismail, SH.MH.

Wakil Rektor 2 UG Dr. Dikson Junus, M.PA mengaku, kegiatan ini penting dalam rangka memperluas akses kerjasama kampus, terlebih dosen dibidang hukum tata negara dan administrasi negara.

“Dengan adanya kegiatan ini yang dipusatkan di Gorontalo, tentu membuka peluang kerjasama yang cukup luas bagi kampus, terlebih para dosen dibidang hukum tata negara untuk saling sharing informasi dengan berbagai anggota dari APHTN-HAN ini. Karena anggotanya ini berasal dari berbagai kampus di Indonesia, termasuk kampus-kampus ternama,” tutur Dikson.

Lanjut kata Dikson, dengan masuknya dosen-dosen UG, khususnya Fakultas Hukum dalam APHTN-HAN ini, maka akan memberikan manfaat besar bagi kampus, terlebih Fakultas Hukum dalam pengembangan kedepan, terutama dalam hal memperluas akses kerjasama. 

Untuk diketahui, pada kegiatan pembukaan Rakernas dan seminar nasional tersebut dilakukan penandatanganan kesepakatan kerja sama di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat dalam bidang HTN dan HAN antara APHTN-HAN dengan empat perguruan tinggi di Gorontalo, yaitu Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Gorontalo, Universitas Muhammadiyah Gorontalo dan IAIN Sultan Amai Gorontalo. (hmsug)