• (0435) 830678

Berita

Dosen dan Karyawan UG Asah Kemampuan dan skill Bermain Futsal

  • By Ismail Musa
  • 2019-07-23 23:24:00

Permainan sepak bola merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat populer bahkan dalam kancah internasional.

Permainan sepak bola biasanya dimainkan oleh dua tim, dengan masing-masing tim terdiri dari 11 pemain, namun ada juga permainan yang sejenisnya dan tidak kalah populernya dengan olahraga sepak bola yakni olahraga futsal.

Olahraga futsal sebenarnya hampir sama dengan olahraga sepak bola, hanya saja jumlah pemain dalam olahraga futsal tidak 11 orang dalam satu tim, tetapi hanya dimainkan oleh 5 orang dalam satu tim dengan ukuran lapangan yang lebih kecil dan biasanyan lapangan yang digunakan adalah indoor, bukan outdoor seperti olahraga sepak bola.

Seperti halnya disampaikan Wakil Rektor 2 UG Dr. Dikson Junus, MPA seusai pertandingan persahabatan futsal antar dosen dan karyawan di lingkup UG, dimana meskipun hanya dilakukan dilapangan yang lebih kecil dan berada di lapangan indoor, futsal banyak digemari dan sering dimainkan, bahkan bagi beberapa orang yang sangat hobi bermain bola.

Tidak hanya mengasah kemampuan dan skill dengan tujuan memasukan bola kedalam gawang untuk mencetak gol saja, namun olahraga futsal juga dilakukan untuk menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh.

“Jadi, sudah diagendakan untuk setiap jum’at pagi, seluruh dosen dan karyawan di lingkup UG bermain futsal, tujuannya untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh agar tetap fit, sehingga dalam perkuliahan nanti para dosen tetap terjaga kesehatan dan kebugaran tubuh serta pikiran dalam mentransfer ilmunya kepada mahasiswa,” ujar Dikson.

Selain itu Dr. Ec. H. Ilyas Lamuda, MM menambahkan, ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dalam bermain futsal untuk kesehatan tubuh kita, diantaranya mencegah stres, melatih kreativitas, menguatkan jantung, melancarkan aliran darah, mengeluarkan racun dalam tubuh, melatih otak berfikir cepat, membakar kalori, menjaga berat badan, melancarkan sirkulasi oksigen, menjaga daya tahan tubuh dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

“Olahraga futsal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita, dan alhamdulillah kami selaku dosen di UG gemar dengan olahraga ini, tidak tanggung-tanggung kami di UG sering melaksanakan event, baik pertandingan futsal antar pelajar, mahasiswa maupun antar dosen dan karyawan, dengan tujuan lainnya untuk menjalin silaturahim antar sesama,” terang Ilyas.

Hal ini dibenarkan oleh Herman Hatta, SKM.,M.Kes yang juga ikut bermain futsal bersama teman-teman dosen lainnya, menurutnya apa yang disampaikan kedua dosen seniornya itu sesuai kajian kesehatan sudah tepat dan benar, namun lebih dari itu baginya bermain futsal bukan sekedar mengasah kemampuan maupun skill dilapangan, akan tetapi bisa menemukan lawan tanding dan mampu membangun kerjasama tim serta bermain baik selama permainan berlangsung.

“Jadi, bagi saya sendiri olahraga futsal bukan sekedar pamer kemampuan maupun skill, namun mampu bermain baik dan membangun kerjasama tim, serta menemukan lawan tanding yang sepadan dan menundukkannya dilapangan,” tandas Herman. (hmsug)