• (0435) 830678

Berita

FKM UG Pusatkan Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat di Desa Ponelo, Kabupaten Gorut

  • By Ismail Musa
  • 2019-07-23 23:25:51

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Gorontalo (FKM UG) pusatkan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat di Desa Ponelo Kecamatan Ponelo Kepulauan Kabupaten Gorontalo Utara, yang dirangkaikan dengan penandatanganan MoU dengan yang Pemerintah Desa Ponelo yang diselenggarakan pada tanggal 20-21 Juli 2019.

Kegiatan ini, turut dihadiri Dekan FKM UG Dr. Firdausi Ramadhani, S.Psi.,M.Kes, Kepala Desa Ponelo Rotansi Lamandara, SE beserta jajaran aparat desa serta sejumlah Dosen FKM diantaranya, Franning Deisi Badu, SKM.,M.Kes, Wahyuni Hafid, SKM.,M.Epid, Zul Adhayani Arda, SKM.,M.Kes, Maesarah, SKM.,M.Kes, dan Nurain Suma, SKM selaku tenaga penunjang di FKM, dengan diikuti 76 orang Mahasiswa semester 4 serta kelas Epid semester 6.

Dekan FKM UG Dr. Firdausi Ramadhani, S.Psi.,M.Kes mengungkapkan, kegiatan ini merupakan orientasi mata kuliah yaitu mata kuliah promosi kesehatan (promkes) dan mata kuliah pengembangan pengorganisasian masyarakat.

“Terkait mata kuliah promosi kesehatan, dimana mahasiswa mengadakan penyuluhan kesehatan pada beberapa kelompok masyarakat kategori usia yakni tentang pola hidup bersih dan sehat (PHBS) pada usia anak-anak, dan penyuluhan kesehatan tentang pentingnya pemeriksaan kesehatan selama kehamilan sekaligus tablet tambah darah pada ibu hamil,” kata Firdausi.

Selanjutnya, kata dia lagi, penyuluhan kesehatan kepada kelompok lansia yakni tentang edukasi preventif (pencegahan) penyakit tidak menular pada usia lanjut, dan penyuluhan kesehatan yakni tentang sanitasi dan hygiene lingkungan pada kawasan daerah pesisir pantai. 

“Sedangkan untuk mata kuliah pengembangan pengorganisasian masyarakat itu sendiri lebih pada pembentukan kader kesehatan masyarakat dan service excellent di Desa Ponelo, dimana nantinya kader ini akan dibina oleh FKM dalam bidang kesehatan dan berkoordinasi dengan pihak fakultas sesuai dengan follow up MoU,” jelasnya.

Selain itu, Franning Deisi Badu, SKM.,M.Kes selaku koordinator kegiatan menambahkan, kegiatan ini adalah keseluruhan rangkaian isi MoU terkait Tridharma Perguruan Tinggi yang di gagas oleh FKM bersama Pemerintah Desa Ponelo.

Untuk diketahui, diakhir kegiatan dilangsungkan penandatangan MoU terkait Tridharma Perguruan Tinggi antara pihak FKM UG bersama Pemerintah Desa Ponelo. (hmsug)

Kegiatan lainnya juga, yakni melaksanakan survailans untuk beberapa masalah kesehatan seperti screening kejadian SCABIES dan TB PARU di Desa Ponelo, dimana mahasiswa melaksanakan survailans menggunakan instrumen penelitian kuesioner yang kemudian menjadi bahan penelitian bagi dosen peneliti.

“Jadi, mahasiswa akan melakukan survailens dengan menggunakan instrumen penelitian kuesioner terkait screening kejadian SCABIES atau masalah kesehatan kulit, misalnya gatal-gatal, kurap, kudis yang disebabkan oleh kurangnya perilaku PHBS pada masyarakat di Desa Ponelo,” ujar Deisi.

Sambungnya, begitupun dengan TB PARU atau penyakit menular, dimana mahasiswa akan menumbuhkan kesadaran masyarakat melalui sosialisasi terkait TB PARU yang disebabkan karena bakteri tuberkolisis, misalnya penyakit batuk-batuk tidak berdahak dan berdarah.