• (0435) 830678

Berita

FKM UG-Pemerintah Desa Ponelo, Teken MoU Terkait Kegiatan Tridharma

  • By Ismail Musa
  • 2019-07-23 23:28:11

Memorandum of Understanding (MoU) merupakan sebuah dokumen legal yang menjelaskan persetujuan antara dua belah pihak yang melakukan kontrak kerjasama diberbagai bidang apapun, tak terkecuali bidang akademik maupun Tridharma Perguruan Tinggi.

Seperti diketahui, dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di Desa Ponelo Kecamatan Ponelo Kepulauan Kabupaten Gorontalo Utara, dimana Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Gorontalo (FKM UG) melakukan kontrak kerjasama dengan Pemerintah Desa Ponelo dalam bentuk penandatanganan nota kesepahaman atau MoU terkait kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat, Minggu (21/7/19).

Kaitannya dengan hal ini, Dekan FKM UG Firdausi Ramadhani, S.Psi.,M.Kes mengaku, adapun ruang lingkup MoU antara pihak FKM dan Pemerintah Desa Ponelo diantaranya, pembinaan dan peningkatan SDM di FKM, pengembangan kompetensi dan kualifikasi pendidik sekaligus tenaga kependidikan dalam jabatan, pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan penelitian dan pengembangan masyarakat, serta pelaksanaan kegiatan KKP, Prakesmas dan PBL.

“Jadi, MoU ini telah menghasilkan beberapa kesepakatan terkait Tridharma yakni, pembinaan SDM, pengembangan kompetensi dan kualifikasi tenaga kependidikan, pemberdayaan masyarakat, serta pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Pengabdian, Praktek Kesehatan Masyarakat dan Praktek Belajar Lapangan,” imbuh Firdausi.

Sementara itu, Franning Deisi Badu, SKM.,M.Kes selaku koordinator kegiatan menambahkan, kegiatan MoU ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan pengabdian yang dilakukan di Desa Ponelo, yang sudah diagendakan oleh panitia dengan menghadirkan pemerintah desa dan para tokoh masyarakat. 

Setelah dikonfirmasi terkait respon Pemerintah Desa, Franning mengatakan, dimana Pemerintah Desa Ponelo sangat setuju dengan penandatanganan MoU ini, karena sangat membantu desa khususnya dalam bidang kesehatan masyarakat.

“Alhamdulillah, Kepala Desa Ponelo dan masyarakat sangat merespon baik kegiatan pengabdian pada masyarakat yang juga dirangkaikan dengan penandatanganan MoU terkait Tridharma, dan pemerintah desa pun berharap kerjasama ini terus digagas sekaligus terus di follow up, agar koordinasi diantara kedua belah pihak terus terjalin, serta menjadikan Desa Ponelo sebagai desa binaan FKM UG terkait kesehatan masyarakat,” terang Franning.

Dengan harapan, gagasan kegiatan di Desa Ponelo ini terus dikembangkan, khususnya terkait penanggulangan masalah kesehatan yang ada di desa, baik terkait pendidikan, penelitian dan juga pengabdian kepada masyarakat. Untuk diketahui, acara penandatanganan MoU dibuka oleh Dekan FKM UG Dr. Firdausi Ramadhani, S.Psi.,M.Kes. (hmsug)