• (0435) 830678

Berita

Workshop Penulisan Artikel Untuk Jurnal Internasional Bereputasi

  • By Ismail Musa
  • 2019-07-25 21:04:38

Dosen di lingkungan Universitas Gorontalo (UG) terus belajar dan mengasah kemampuan diri dalam hal penulisan artikel di jurnal, baik lokal, nasional maupun jurnal internasional bereputasi.

Seperti halnya empat Dosen UG, diantaranya Dr. Ec. H. Ilyas Lamuda, MM, Dr. Hj. Meimoon Ibrahim, SE.,MM, Dr. Roy Marthen Moonti, SH.,MH dan Nurmin K Martam, SH.,MH yang ambil bagian sebagai peserta workshop penulisan artikel untuk jurnal internasional bereputasi yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Ahli Dosen Republik Indonesia (P-ADRI) Gorontalo di Aula Bina Taruna Gorontalo, Rabu (24/7/19).

Selaku Dosen senior, Dr. Ec. H. Ilyas Lamuda, MM mengaku, workshop seperti ini merupakan bagian dari upaya-upaya menjawab tantangan persaingan antar dosen dalam rangka mengejar kualitas diri.

“Diharapkan workshop semacam ini memberikan efek yang besar bagi peningkatan kualitas jurnal publikasi internasional dari setiap dosen, khususnya kita di Universitas Gorontalo,” tutur Ilyas.

Terkait dengan publikasi ilmiah ini, Ilyas mengatakan publikasi ilmiah dalam jurnal bereputasi sudah menjadi kewajiban dan tuntutan dari pemerintah yang harus dipenuhi oleh setiap dosen.

Dimana, hal ini sebenarnya sudah sejalan dengan tridharma perguruan tinggi, khususnya unsur penelitian.

“Jadi, kewajiban penelitian dan publikasi ilmiah sudah jadi bagian dari setiap proses kenaikan jabatan fungsional akademik,” terangnya.

Apalagi lanjut Ilyas, dengan keluarnya Permenristekdikti Nomor 20 Tahun 2017 tentang pemberian tunjangan profesi dosen dan tunjangan kehormatan profesor.

“Tentu yang menjadi pembahasan utamanya yakni kewajiban publikasi ilmiah dalam jurnal internasional bereputasi,” tandasnya.

Seperti diketahui, workshop ini menghadirkan pemateri yakni Ketua ADRI Gorontalo, Prof. Dr. Syamsu Q. Badu, M.Pd dan Dr. Darmawan Napitupulu, ST.,M.Kom dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). (hmsug)