• (0435) 830678

Berita

Pimpinan UG Lakukan Rakor Penggunaan Aplikasi Turnitin

  • By Ismail Musa
  • 2019-07-25 21:07:32

Praktek plagiat di dunia perguruan tinggi harus diberantas, hal ini dilakukan terkait mengembang misi untuk mencari, menemukan, mempertahankan dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebenaran dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas.

Kaitannya dengan hal ini, Universitas Gorontalo (UG) melakukan Rapat Koordinasi (RAKOR) Pimpinan Perguruan Tinggi UG, dimana rapat ini dipimpin langsung Ketua Dewan Pengurus Yayasan Pendidikan DLP Gorontalo Moh. Jamal Moodoeto, SE.,MH, yang berlangsung di ruang kerja ketua yayasan.

Rapat ini turut dihadiri, Rektor UG Dr. Ibrahim Ahmad, SH.,MH, Wakil Rektor 1 UG Dr. Hj. Julie Abdullah, SE.Ak.,M.Ak, CA, Wakil Rektor 2 UG Dr. Dikson Junus, MPA, beserta seluruh Dekan di lingkup UG.

kebebasan akademik baik mahasiswa, dosen, peneliti, dan tenaga kependidikan wajib menjunjung tinggi kejujuran dan etika akademik, terutama larangan untuk melakukan plagiat dalam menghasilkan karya ilmiah, sehingga kreativitas dalam bidang akademik dapat tumbuh dan berkembang.

“Jadi, kampus UG harus bersih dari praktek plagiarisme, karena tindakan ini hanya akan merugikan terhadap suatu institusi perguruan tinggi tersebut, dimana perbuatan 1 atau 2 orang dosen saja, akan berdampak pada citra dan nilai suatu institusi perguruan tinggi itu sendiri, dan ini merupakan peringatan keras dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) terhadap seluruh perguruan tinggi yang dibawah naungannya termasuk kita di UG,” ujar Jamal.

Terkait praktek plagiat, Jamal mengatakan, akan menseriusi hal ini, dimana tahun ini UG akan segera menggunakan aplikasi turnitin yang memang sudah menjadi rujukan LLDIKTI untuk memproses semua karya ilmiah yang dihasilkan oleh mahasiswa maupun dosen untuk mengecek kebenaran maupun keabsahan data agar jauh dari tindakan plagiat.

“Salah satu yang diminta oleh LLDIKTI adalah aplikasi turnitin dan itu menurut LLDIKTI merupakan suatu keharusan yang akan dilaksanakan oleh seluruh perguruan tinggi yang berada dibawah naungannya, oleh karena itu semua ini akan ditindaklanjuti melalui SK Rektor dan wajib diterapkan di UG saat ini,” terangnya.

Sementara itu, Wakir Rektor 2 UG Dr. Dikson Junus menambahkan, terkait dengan peningkatan kualitas publikasi karya tulis mahasiswa dan dosen, maka mulai tahun ini UG akan menerapkan sistem jaminan mutu untuk publikasi setiap karya tulis mahasiswa dan dosen.

“Jadi, setiap karya tulis, sebelum dipublikasikan harus melakukan pengecekan plagiasi melalui aplikasi turnitin, dan berkenaan dengan ini, maka UG akan bekerjasama dengan institusi yang mendapat rekomendasi DIKTI untuk menghasilkan karya tulis yang berkualitas, bebas dari unsur plagiasi. Karya tulis tersebut seperti skripsi, tesis, artikel jurnal, laporan-laporan hasil penelitian, dan buku dosen yang akan dipublikasikan,” jelas Dikson.

Di tempat yang sama, Kepala Pusat Bahasa UG Silvana Hasan, S.Pd.,MA mengatakan, sebagai pusat bahasa, pihaknya siap untuk memfasilitasi mahasiswa, dosen maupun perguruan tinggi, khususnya untuk pengecekan dokumen maupun karya tulis ilmiah melalui aplikasi turnitin.

“Pada prinsipnya kami dari pusat bahasa, siap memfasilitasi kampus maupun mahasiswa terkait pengecekan karya tulis ilmiah serta peningkatan mutu SDM mahasiswa, dimana kami akan bekerjasama dengan transbahasa melalui pusat bahasa,” tutup Silvana. (hmsug)