• (0435) 830678

Berita

Prodi S1 Ilmu Hukum UG Jalani Visitasi Akreditasi dari BAN-PT

  • By Ismail Musa
  • 2019-07-26 23:15:35

Program Studi (Prodi) Strata Satu (S1) Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Gorontalo (UG), menjalani visitasi akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), yang dilakukan oleh dua perwakilan assesor diantaranya, Prof. Dr. Ilyas Ismail, SH., M.Hum dari Universitas Syiah (Unsyiah) Kuala, Banda Aceh dan Prof. Dr. Joni Emirzon, SH.,MH, FCBArb dari Universitas Sriwijaya, Palembang.

Dimana, kedatangan para assesor disambut baik Ketua Yayasan Pendidikan DLP Gorontalo Moh. Jamal Moodoeto, SE.,MH, Rektor UG Dr. Ibrahim Ahmad, SH.,MH, Wakil Rektor 1 UG Dr. Hj. Julie Abdullah, SE.Ak.,M.Ak, CA, Wakil Rektor 2 UG Dr. Dikson Junus, MPA, Dekan Hukum Dr. Yusrianto Kadir, SH.,MH, Wakil Dekan Hukum Dr. Arifin Tumuhulawa, S.I.Pem.,MH, Ketua Program Studi Ilmu Hukum Yoslan K. Koni, SH.,MH beserta seluruh Dosen dan tenaga penunjang serta tim penyusun borang Program Studi Fakultas Hukum, yang berlangsung di ruang rapat lantai 2 laboratorium terpadu UG.

Dalam sambutannya, Rektor UG Dr. Ibrahim Ahmad, SH.,MH mengucapkan selamat datang kepada tim assesor di UG serta memperkenalkan seluruh personil tim penyusun borang prodi dan menyampaikan bahwa akreditasi merupakan prioritas dari semua prodi yang ada di seluruh Indonesia, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta termasuk semua prodi di UG.

Ibrahim berharap, agar tim assesor selama bekerja untuk melakukan visitasi borang prodi di Fakultas Hukum bisa berjalan lancar, dan sekiranya dapat memberikan masukan atas kekuarangan-kekurangan saat visitasi berjalan, sehingga ini menjadi bahan bagi pihak fakultas maupun prodi untuk memperbaiki diri dalam rangka memajukan Fakultas Hukum.

“Saya berharap, dalam memberikan klarifikasinya terhadap dokumen borang 3A, 3B dan evaluasi diri, tim assesor bisa bekerja dengan lancar, sekaligus bisa memberikan masukan atas kekurangan dalam borang prodi untuk dilakukan perbaikan, agar bisa mendapatkan hasil maupun nilai yang bagus,” imbuh Ibrahim. Ia menambahkan, dimana untuk mendorong agar bisa mendapatkan hasil yang baik, maka harus didukung juga dengan kelengkapan dokumen penunjang akreditasi.“

Tentu untuk mendapatkan nilai akreditasi yang bagus, harus didukung dengan kelengkapan dokumen penunjang akreditasi yaitu diantaranya, penyusunan borang akademik, laporan penelitian dan pengabdian masyarakat oleh dosen maupun dokumen-dokumen lainnya yang harus dipersiapkan dengan baik,” terangnya.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan pemaparan tentang profil program studi dan fakultas oleh tim penyusun borang prodi yang dilakukan oleh Dekan Fakultas Hukum Dr. Yusrianto Kadir, SH.,MH bersama Robby W. Amu, SH.,MH.

Selanjutnya, tim assesor melakukan tanya jawab kepada tim penyusun terkait borang program studi dan juga melakukan wawancara kepada seluruh dosen serta sejumlah mahasiswa Fakultas Hukum, sekaligus melakukan peninjauan ke laboratorium dan perpustakaan Fakultas Hukum UG.

Untuk diketahui, kegiatan Visitasi Akreditasi Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum UG oleh BAN-PT dibuka oleh Rektor UG Dr. Ibrahim Ahmad, SH.,MH. (hmsug)