• (0435) 830678

Berita

Aparat Desa se Kecamatan Sumalata Timur Apresiasi Program KKP UG 2019

  • By Ismail Musa
  • 2019-10-06 22:41:47

Pemerintah Desa yang berada di lingkup Kecamatan Sumalata Timur diantaranya Desa Dulukapa, Desa Deme 1 dan Desa Buluatu, mengapresiasi program Kuliah Kerja Pengabdian Universitas Gorontalo (KKP UG) “Mohuyula” Tahun 2019 yang di pusatkan di Kabupaten Gorontalo Utara.

Dimana, Kecamatan Sumalata Timur Kabupaten Gorontalo Utara yang menjadi salah satu wilayah yang dipilih untuk penempatan peserta KKP UG, sangat merasakan dampak positif ataupun manfaat dari segala program KKP yang dijalankan di wilayah tersebut.

Rio Napu yang juga selaku peserta KKP UG mengaku, kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat sebelum mengakhiri masa studi di perguruan tinggi khususnya di UG.

“Jadi, kegiatan ini akan memperlihatkan sampai sejauhmana eksistensi mahasiswa dalam bermasyarakat, selain itu juga sebagai ujian bagi mahasiswa terhadap totalitas pengabdian kepada masyarakat,” imbuh Rio.

Ia mengatakan, dimana Pemerintah Desa di lingkup Kecamatan Sumalata Timur bangga dengan keberadaan mahasiswa KKP UG di wilayahnya, karena bisa memberikan pengaruh yang besar terhadap kelangsungan kehidupan masyarakat di desa.

“Tentu, aparat desa setempat sangat bangga dan mendukung program KKP UG di wilayahnya, sebagaimana yang diungkapkan salah satu kepada desa di Kecamatan Sumalata Timur yaitu Bapak Irwan Moilo, yang menyampaikan bahwa keberadaan mahasiswa KKP UG sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup masyarakat setempat, dengan salah satu program intinya yaitu Biopori,” terangnya.

Rio mengaku, kegiatan Biopori ini merupakan inisiatif mahasiswa Fakultas Teknik UG yaitu berupa drainase berwawasan lingkungan, yang berdasarkan hasil observasi awal di lokasi, dimana program biopori ini dianggap tepat dan bermanfaat untuk dilakukan di masyarakat, dengan melihat potensi yang dimiliki wilayah tersebut.

“Adapun manfaat dari program biopori ini yaitu berupa, mencegah banjir/limpasan permukaan, mengurangi sampah organik, pabrik pupuk kompos, menyuburkan tanah, jumlah air tanah meningkat, memperbaiki dan memelihara ekosistem tanah yang sehat serta memaksimalkan peran maupun aktivitas flora dan fauna tanah,” tandas Rio. (hmsug)

Editor : Fitra Wahyula