• (0435) 830678

Berita

Gelar Kegiatan UMKM, Mahasiswa KKP UG Produksi VCO

  • By Ismail Musa
  • 2019-10-06 22:43:13

Mahasiswa Kuliah Kerja Pengabdian Universitas Gorontalo (KKP UG) menggelar kegiatan pelatihan pembuatan minyak kelapa murni atau VCO, di Desa Lelato Kecamatan Sumalata.

Kegiatan tersebut dilakukan bersama pemerintah dan masyarakat terkait program pemberdayaan masyarakat UMKM Desa Lelato Kecamatan Sumalata Kabupaten Gorontalo Utara.

Setelah dikonfirmasi, Moh. Arif Novriansyah Biki, SE.,M.Si selaku Dosen pembimbing di wilayah tersebut mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan UMKM yang dilakukan oleh mahasiswa KKP UG bersama masyarakat Desa Lelato.

“Produk yang dibuat berupa produk VCO atau minyak kelapa murni yang mempunyai banyak khasiat, yang sangat bermanfaat terhadap kandungan gizi dalam masakan ataupun makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat itu sendiri,” ujar Arif.

Ia mengaku, mulanya inisiatif kegiatan ini berawal dari hasil observasi dengan melakukan wawancara langsung kepada Kepala Desa Lelato, dimana beliau menjelaskan bahwa di Desa Lelato telah dibentuk UMKM yang dijalankan oleh masyarakat.

Dimana, kegiatan pelatihan dan segala bantuan berupa mesin maupun berbagai alat pembuatan VCO itu telah diberikan oleh pihak Nakertrans, namun sudah setahun berlalu UMKM ataupun usaha yang dijalankan ini terbengkalai akibat beberapa kendala yang dihadapi.

“Jadi, segala keperluan mesin dan alat-alat pembuatan VCO telah diberikan oleh pihak Nakertrans berupa bantuan, namun sudah setahun usaha yang dijalankan tidak lanjut, akibat beberapa kendala yang dihadapi termasuk salah satunya yaitu terkait merek produk ataupun kamasan labelnya. Makanya, ini sangat menghambat proses pemasaran yang masyarakat lakukan, artinya dimana kegiatan pemasaran tidak jalan,” jelas Arif.

Ia juga menambahkan, dengan permasalahan yang ada, maka mahasiswa KKP UG mencoba memfasilitasi permasalahan yang dihadapi masyarakat tersebut dengan membuat label dan membantu proses pemasaran terkait VCO.

“Tentunya upaya ini akan dilakukan memalui program kegiatan berupa pemberian pelatihan kepada masyarakat terkait pembuatan VCO, yang intinya mencoba untuk mendirikan kembali usaha VCO yang mempunyai manfaat dan khasiat yang banyak bagi masyarakat hingga sampai pada proses pemasarannya, khususnya demi berjalannya usaha dengan baik dan lancar,” tandasnya. (hmsug)