• (0435) 830678

Berita

KKP Satgas UG Giat Baksos, Dirangkaikan Penyuluhan Hukum dan Perikanan

  • By Ismail Musa
  • 2019-10-06 22:53:26

Program Kuliah Kerja Pengabdian Universitas Gorontalo (KKP UG) Angkatan XX, melalui Satuan Tugas (Satgas) kelompok 3, menggelar kegiatan Bakti Sosial (Baksos) yang dirangkaikan dengan penyuluhan hukum dan penyuluhan perikanan di Desa Tolitehuyu Kecamatan Monano Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut).

Kegiatan ini, dihadiri Kepala Desa Tolitehuyu Kecamatan Monano Bapak Abid Badar Awad, SH beserta jajaran perangkat desa, Ketua Satpel KKP UG Ayub Usman Rasid, SE.,MM serta tim monitoring dan evaluasi (Monev), dengan mengundang masyarakat desa setempat.

Setelah dikonfirmasi, Dr. Roy Marthen Moonti, SH.,MH yang juga selaku dosen pembimbing KKP di wilayah tersebut mengatakan, dimana kegiatan baksos ini, merupakan inisiatif dari KKP Satgas UG, khususnya kelompok 3 yang merupakan mahasiswa bimbingannya.

“Kegiatan bakti sosial ini diadakan oleh mahasiswa KKP Satgas Kelompok 3 UG, dengan memfokuskan bagi warga masyarakat di Desa Tolitehuyu Kecamatan Monano Kabupaten Gorontalo Utara,” imbuh Roy.

Ia mengaku, bahwa kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan penyuluhan hukum dan penyuluhan perikanan bagi masyarakat setempat, guna peningkatan kesadaran hukum masyarakat serta peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat melalui perikanan.

“Jadi, kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan ini, dirangkaikan dengan penyuluhan hukum dan penyuluhan tentang perikanan, dimana inti dari penyuluhan ini, masyarakat mendapatkan manfaat yang positif serta berguna demi kelangsungan hidup bermasyarakat, khususnya di bidang hukum dan perikanan,” jelasnya. 

Roy mengungkapkan, kegiatan ini juga merupakan salah satu kegiatan pengabdian dosen di masyarakat, sekaligus sebagai wujud implementasi dari Tridharma Perguruan Tinggi. 

Sementara itu, ketua panitia Fahmi Paramata menambahkan, bahwa baksos tersebut merupakan kegiatan tambahan yang diprogramkan sekaligus digagas oleh peserta KKP Satgas kelompok 3 UG.

“Jadi, kegiatan baksos ini merupakan kegiatan tambahan yang digagas oleh KKP Satgas kelompok 3, dimana kegiatan tersebut dianggap sangat tepat dilakukan, karena bersentuhan langsung dengan masyarakat,” kata Fahmi.

Diakhir kegiatan, telah dilangsungkan penyerahan bingkisan berupa sembilan bahan pokok (Sembako) oleh panitia pelaksana dan sejumlah dosen kepada masyarakat setempat yang hadir pada kegiatan tersebut.

Untuk diketahui, Narasumber pada kegiatan tersebut yaitu diantaranya, Dr. Roy Marthen Moonti, SH.,MH dan Asniati Ningsih, S.Pi.,M.Si. (hmsug)