• (0435) 830678

Berita

Menuju Entrepreneurship University, UG Terus Melakukan Terobosan

  • By Ismail Musa
  • 2019-11-05 23:39:28

Dengan merubah kurikulum perguruan tinggi, kini Universitas Gorontalo (UG) tengah bersiap menuju Entrepreneurship University atau perguruan tinggi berbasis kewirausahaan.

Menjadi perguruan tinggi dengan basis kewirausahaan merupakan langkah konkrit kampus perjuangan tersebut untuk mendorong mahasiswa dan lulusannya berdaya saing mandiri.

Sebagaimana yang disampaikan Rektor UG Dr. Ibrahim Ahmad, SH.,MH, dimana dirinya menginginkan mahasiswa UG agar menjadi orang yang hidup mandiri, berusaha hidup sendiri, dan menciptakan pekerjaan sendiri, jadi tidak selalu berpikir dan berharap untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

"Apalagi di era revolusi industri 4.0 ini banyak peran-peran manusia yang digantikan oleh sistem atau aplikasi sehingga lapangan pekerjaan itu sudah sulit untuk didapatkan dan sudah berkurang yang menggunakan tenaga manusia". ujar Ibrahim

Oleh karena itu, Ibrahim mengatakan, pihaknya menggagas entrepreneurship masuk kedalam kurikulum Universitas, dengan harapan mahasiswa tidak selalu berpikir menjadi PNS, sehingga ditanamkan jiwa Entrepreneurship (kewirausahaan) sesuai dengan bidang keilmuannya.

"Misalnya Fakultas Teknik, dimana dari pengetahuan dan keterampilan yang dia peroleh dari Fakultas Teknik kita harapkan agar mendorong dia bekerja sendiri, menciptakan kerja, tidak harus mencari pekerjaan, begitu juga dengan fakultas-fakultas yang lainnya". terang Ibrahim

Terkait dengan persiapan UG menuju Entrepreneurship University, Ibrahim mengungkapkan, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan kurilukum yang berbasis Entrepreneurship, meski memang ini tidak serta merta langsung berlaku dan tentu butuh persiapan.

"Beberapa langkah yang kita lakukan selain mempersiapan kurikulum, kita juga harus melihat bahkan mungkin kita juga harus belajar dengan membandingkan dengan perguruan-pergutuan tinggi lain yang sudah lebih dulu menerapkan kurikulum Entrepreneurship.

Basis Entrepreneurship ini menjadi ciri maupun icon daripada Universitas Gorontalo, sehingga nantinya akan menjadi ciri khas dari UG dengan perguruan tinggi lainnya," ungkap Ibrahim.

Lanjut kata Ibrahim, seorang entrepreneur harus mencari dan menemukan jalan untuk mendapatkan sumberdaya dalam mencapai tujuan, oleh karen itu seorang entrepreneur harusnya orang yang kreatif dan inovatif .

"Jadi, pada intinya dengan adanya revolusi indutri 4.0, dimana peran manusia akan terganti dengan yang bukan manusia, maka peluang orang untuk mendapatkan pekerjaan semakin kecil, maka dari itu kita tanamkan jiwa hidup mandiri, berpikir mandiri, menciptakan kerja sendiri dan tidak berfikir mencari pekerjaan". paparnya.

"Dengan adanya kurikulum Entrepreneurship dalam kampus akan menjadi harapan baru untuk menanamkan jiwa kemandirian di kalangan mahasiswa, kurikulum entrepreneurship diharapkan bisa merubah paradigma mahasiswa menjadi seorang artistik, spritual, inteligence dan intellectual". tandasnya.