• (0435) 830678

Berita

Dosen Harus S-3, Ibrahim : Saya Sudah Prediksi Hal Itu, dan UG Sudah Siap

  • By Ismail Musa
  • 2019-11-05 23:42:31

Rektor Universitas Gorontalo (UG) Dr. Ibrahim Ahmad, SH.,MH menyambut baik usulan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang menginginkan kedepan untuk menjadi seorang Dosen Profesional harus berstrata pendidikan S-3.

“Saya sangat setuju dengan apa yang menjadi usulan dari BAN-PT, soal syarat menjadi Dosen itu harus berijazah S-3 atau Doktor,” imbuh Ibrahim. Menurutnya, kedepan perguruan tinggi dituntut untuk lebih profesional, dan tentu hal ini demi menghasilkan lulusan yang profesioal juga, dimana harus dibekali dengan pengetahuan dan keahlian pada bidang-bidang tertentu dan cara mendapat keahlian dibidang tertentu itu paling tidak melalui pengajar atau para dosen yang ada di perguruan tinggi itu sendiri.

Jadi, untuk melahirkan mahasiswa yang berkualitas tentu dosennya juga harus berkualitas, maka salah satu upaya untuk dosen berkualitas itu adalah dengan peningkatan strata pendidikannya.

“Alhamdulillah, sejak beberapa waktu sebelumnya, kami (UG) sudah mengantisipasi hal itu, dan lima tahun terakhir ini kami terus mendorong dosen-dosen untuk studi S-3,” ujarnya.

Lanjut kata Ibrahim, kedepan pihaknya juga akan menempatkan posisi pejabat struktural khususnya di lingkup Rektorat sesuai dengan bidang keilmuannya.

“Idealnya, penempatan seseorang itu memang harus pada bidang keahliannya, dan kita juga berharap kedepannya bisa seperti itu, tetapi tentu kita melihat ketersediaan sumber daya yang ada,” jelas Ibrahim.

Ia mencontohkan, seperti halnya posisi Wakil Rektor Bidang Keuangan, tentu harus diisi oleh dosen dengan strata pendidikan S-3 dan basic keilmuannya ekonomi.

“Harapan kita agar supaya Wakil Rektor yang mengelola keuangan itu sesuai dengan basicnya,” harapnya.

Meski demikian, saat ini SDM Dosen di UG kualifikasi pendidikannya terus meningkat, dimana kini semua dosen sebagian besar berstrata pendidikan S-2 dan sebagian S-3.

“Alhamdulilah di UG ini, dimana pada lima tahun yang lalu, Dosen yang bergelar Doktor (Dr) masih dua orang, dan di tahun 2019 Dosen yang bergelar Doktor sudah ada 20 orang, sekarang yang sementara studi Doktor ada 27 orang, sehingga apa yang diharapkan oleh BAN-PT pada lima tahun lalu saya sudah prediksi. Oleh karena itu, saya terus mendorong Dosen-Dosen untuk mengambil S-3, dan kita targetkan pada 2024, UG sudah memiliki 50 Doktor, sehingga kedepan kami tetap akan mendorong agar semua Dosen di UG bergelar Doktor,” tandas Ibrahim. (hmsug)