• (0435) 830678

Berita

Diterbitkan Oleh ‘Lambert Publishing’, Dekan Faperta UG Rilis Buku Tentang Ikan Hulu’u

  • By Ismail Musa
  • 2019-11-05 23:56:42

Dekan Fakultas Pertanian Universitas Gorontalo (Faperta UG) Nurul Auliyah, S.Pi.,M.Si baru saja merilis buku karyanya tentang Ikan Hulu’u (Ikan Khas Danau Limboto). Tak tanggung-tanggung buku karya Nurul ini diterbitkan oleh salah satu penerbit Lambert Publishing yang berdomisili di Jerman.Dimana, buku tersebut berisi tentang kondisi terkini pada populasi Hulu’u (Giuris margaritacea). Seperti diketahui, sekarang ini ikan tersebut susah untuk didapatkan, baik itu di pasar tradisional maupun pasar di pesisir Danau Limboto.

“Saya diundang oleh penerbit Lambert Publishing Jerman untuk membuat buku tentang Hulu’u, mereka mendapatkan informasi tentang tulisan saya dari jurnal internasional yang telah publish. Selanjutnya penerbit tersebut melalui editornya yang bernama Olga Lancevskaia tersebut menghubungi saya via, untuk melakukan kolaborasi dalam pembuatan buku tersebut” ungkap Nurul.

Nurul mengatakan hal yang menyebabkan menurunnya populasi hulu’u ini ada beberapa hal, salah satunya terganggunya habitat dari Hulu’u, sehingga dibutuhkan kepedulian untuk melakukan upaya agar tidak terjadi kepunahan pada ikan tersebut. Terkait dengan kolaborasi ini ada beberapa persyaratan yang diberikan, termasuk pemberian royalty kepada penulis. Saat ini buku tersebut bisa di beli pada website morebook dan Amazon.com.

“Saya harapkan dengan dirilisnya buku ini pembaca dapat mengetahui secara dekat terhadap populasi ikan Hulu’u di Danau Limboto yang terancam punah dan dapat menyadari betapa pentingnya untuk menjaga lingkungan perairan di Danau Limboto” tandasnya. (hmsug)