• (0435) 830678

Berita

UG Dipercaya Sebagai Tim Penyusun Naskah Akademik Pembuatan Perda

  • By Ismail Musa
  • 2019-12-03 23:31:53

Universitas Gorontalo (UG) kembali mendapat kepercayaan sebagai tim penyusun naskah akademik dalam rangka pembuatan Peraturan Daerah (Perda).

Kali ini, kepercayaan itu datang dari Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Gorontalo.Dimana sebagai bentuk kerjasama antara kedua lembaga itu, maka dilaksanakan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Rektor UG Dr. Ibrahim Ahmad, SH.,MH dengan Sekretaris DPRD Provinsi Gorontalo, Senin (2/12), di salah satu ruangan gedung DPRD Provinsi Gorontalo. Penandatangan MoU ini dihadiri oleh sejumlah pejabat yang ada di DPRD Provinsi Gorontalo.

Perjanjian kerjasama ini guna mendukung pelaksanaan penyusunan naskah akademik dalam rangka pembuatan peraturan daerah. Selain UG, ada beberapa Perguruan Tinggi lainnya yang melakukan nota kesepahaman bersama DPRD Provinsi Gorontalo.

“Penandatangan MoU ini dalam rangka membangun kerjasama, saling mendukung kerjasama, bersinergi antara lembaga DPRD dan Perguruan Tinggi untuk kerja dalam penyusunan naskah akademik,” ujar Sekwan DPRD Provinsi Gorontalo. Sekwan menambahkan, untuk penyusunan naskah akademik dalam rangka pembuatan peraturan daerah, pihaknya bekerjasama dengan Perguruan tinggi.

“Kita tahu bahwa di Perguruan tinggi itu ada lembaga-lembaga penelitian dan sebagainya, yang mungkin ini juga menjadi implementasi Tridharma Perguruan tinggi. Kita telah melakukannya dengan semua Perguruan tinggi yang ada di Gorontalo yang selama ini membantu dalam meluruskan atau merumuskan kegiatan-kegiatan penyusunan naskah akademik,” imbuhnya. Sementara itu Rektor UG Dr. Ibrahim Ahmad, SH.,MH menyambut baik kegiatan ini, bahwa dimana UG diberi kesempatan oleh DPRD untuk melakukan MoU.

“MoU ini bagi institusi sangat bermanfaat karena biasanya kampus menjalankan Tridharma yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat. MoU ini justru dalam rangka pengabdian dan penelitian terhadap masyarakat, penelitian itu terkait dengan apa yang disampaikan oleh Pak Sekwan bahwa kita akan bekerja sama mengenai penyusunan naskah akademik,” ungkap Ibrahim.

Lebih lanjut, untuk dosen, Ibrahim mengatakan, hal ini tentu sebagai wujud dari pada pengabdian kepada masyarakat, karena demikian dengan adanya MoU ini, maka dosen-dosen yang ada di UG bisa mengembangkan keilmuan dan ilmu yang mereka miliki tentu diharapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat provinsi Gorontalo, dalam bentuk naskah akademik sebagai langkah awal pembuatan peraturan daerah. (Hmsug)