• (0435) 830678

Berita

Magang Ala FISIP UG : Dorong Profesionalisme Pemerintah Desa

  • By Ismail Musa
  • 2019-12-13 09:11:09

KAMPUS, sulutGO– Dalam rangka penguatan kapasitas aparat desa, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gorontalo (FISIP UG) mengutus mahasiswanya menjalankan program Magang di Kecamatan Bulawa, Kabupaten Bone Bolango.

Kegiatan yang dijadwalkan selama 2 hari, Kamis s/d Jumat (13/12) ini dilaksanakan di Aula Kantor Desa Pinomontiga dan dihadiri oleh Rektor UG Dr. Ibrahim Ahmad, SH, MH, kepala desa se kecamatan Bulawa, Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan aparat desa Bulawa.

Magang pelatihan penguatan kapasitas aparat desa ini bertajuk ‘Mewujudkan profesionalisme bagi pemerintah Desa dalam Pelaksanaan Pemerintahan, Pembangunan, dan Pelayanan Masyarakat Desa se-kecamatan Bulawa Kabupaten Bone Bolango’. Dimana, ini adalah bentuk kerjasama antara FISIP UG dan pemerintah Kecamatan Bulawa Kabupaten Bone Bolango.

Kasie Trantib Yusril Utiarahman, yang mewakili Camat Bulawa Lili Abas S. Sos menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Rektor UG bersama mahasiswa yang telah memilih Kecamatan Bulawa sebagai lokasi pelaksanaan magang.

Dirinya pun berharap agar kegiatan serupa dapat dilaksanakan secara berkesinambungan.

“Kami harap kepada Pak Rektor, bukan hanya kali ini saja ada mahasiswa magang di Kecamatan Bulawa pada besok, bulan, tahun depan usahakan tetap ada. Karena kehadiran mahasiswa itu sangat berpengaruh pada aktivitas masyarakat yang ada di Kecamatan Bulawa,” ungkap Yusril.

Setelah kegiatan magang ini berakhir, lanjut Yusril, diharapkan mahasiswa membawa berita yang baik ke kampus dan yang tidak baik ditinggalkan.

“Ibu camat juga menitipkan pesan agar kepala desa, aparat desa memberikan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh mahasiswa. Dokumen-dokumen yang diperlukan agar diberikan sehingga ada kerjasama yang baik antara mahasiswa UG dengan masyarakat yang ada di Kecamatan Bulawa,” ujarnya.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Kecamatan Bulawa Brigadir Zulkifli Pasau, turut mengapresiasi program kegiatan magang ini.

Dirinya sangat mendukung kegiatan tersebut, karena sangat jarang ada kegiatan dalam hal peningkatan kapasitas aparatur desa dari universitas lain.

“Ya, mungkin yang saya lihat dan ada hanya dari UG sampai dengan sekarang, mungkin ada kegiatan seperti ini tapi dari Pemdes, atau dinas-dinas terkait yang ada di pemda,” imbuhnya.

Brigadir Zulkifli pun mengaku bangga sudah ada masyarakat Bulawa terutama anak-anak muda yang berada di Kecamatan Bulawa yang SDM-nya sudah lebih tidak seperti yang dulu.

“Jadi, dengan adanya UG ini, saya sangat senang karena SDM yang ada di Bulawa ini sudah meningkat, yang tadinya Bulawa yang dulu SDM-nya dibawah, tapi sekarang setiap tahun UG itu mengeluarkan SDM yang bagus di Bulawa,” ujarnya.Lebih dari itu, Brigadir Zulkifli berharap kesejahteraan masyarakat Bulawa dapat lebih ditingkatkan lagi, karena dengan masuknya perguruan tinggi membangun SDM yang ada di Bulawa, supaya lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di Bulawa. (adv/rg/eza)