• (0435) 830678

Berita

3 Fakultas di UG Ikuti Sosialisasi Uji Kemahiran Bahasa Indonesia oleh Kantor Bahasa

  • By Ismail Musa
  • 2019-12-18 21:39:59

KAMPUS, sulutGO– Mahasiswa semester 1, 2 dan 3 dari tiga fakultas di Universitas Gorontalo (UG) mengikuti sosialisasi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia, dari Kantor Bahasa Gorontalo. Dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas berbahasa, 40 mahasiswa mengikuti sosialisasi yang di gelar di Auditorium Universitas Gorontalo, Selasa (17/12/19) kemarin.

Kepala Bagian Kemahasiswaan UG Yusran Biu STP, mengatakan bahwa kegiatan ini sangat baik untuk diikuti karena banyak mahasiswa yang belum betul-betul paham akan bahasa yang digunakan ketika menulis proposal.

“Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap kedepan agar mahasiswa-mahasiswa ini bisa lebih memahami cara penulisan dalam proposal yang tidak mengakibatkan plagiat dalam penyusunan,” ujarnya. Ia menjelaskan, UKBI merupakan tes berbahasa Indonesia yang berstandar nasional, hasil pengujian dengan UKBI merupakan interpretasi yang cermat terhadap kemahiran seseorang, termasuk kemampuan bernalar dengan bahasa Indonesia.

Salah seorang narasumber dari Kantor Bahasa Gorontalo Efendi, S. Pd mengungkapkan, sosialisasi ini seharusnya diikuti oleh mahasiswa semester akhir karena mereka yang harus lebih banyak mengetahui cara penulisan dengan baik dalam penyusunan proposal dan harus memahami dengan baik bahasa yang akan digunakan.

“UKBI ini adalah alat pengukur kemahiran Berbahasa Indonesia, para penutur baik dia jati ataupun penutur asli orang Indonesia, atau penutur dari Warga Negara Asing,” tutur Efendi.

“Sebenarnya, lebih bagus mahasiswa yang tahap akhir, karena tahap penyelesaian pada akhir studi agar supaya ada motivasi untuk lebih meningkatkan dalam berbahasanya,” lanjut Efendi.

Tujuannya, sambung dia, adalah untuk memperkenalkan UKBI agar masyarakat kampus UG mau mengikuti tes UKBI untuk menguji kemahiran.

“Paling tidak mereka sadar masih segini kemampuan dan kemahiran berbahasa Indonesia, sehingga ada respon atau tindak lanjut setelah mengetahui hasilnya. Sebagai warga Indonesia kita harus meningkatkan atau mengupgrade keterampilan berbahasa kita,” tandasnya, (adv/tut/eza)